• SELAMAT DATANG DI WEBSITE BALAI KARANTINA PERTANIAN KELAS I BANJARMASIN
  • PIMPINAN & STAF BALAI KARANTINA PERTANIAN KELAS I BANJARMASIN MENOLAK SUAP, PUNGLI & GRATIFIKASI DALAM BENTUK APAPUN
  • Cegah Virus Corona, Jaga Kesehatan dengan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat)

Operasi Patuh Karantina Gabungan Berhasil Gagalkan Pemasukan Hewan dan Tanaman Tak Berdokumen

Operasi Patuh Karantina Gabungan Berhasil Gagalkan Pemasukan Hewan dan Tanaman Tak Berdokumen
Banjarmasin – Karantina Pertanian Banjarmasin menggelar kegiatan operasi patuh karantina gabungan di Pelabuhan Trisakti, Kamis (07/04).
 
Dalam operasi patuh ini, pejabat Karantina Pertanian Banjarmasin berhasil menggagalkan upaya pemasukan hewan dan tumbuhan yang tidak dilengkapi dengan dokumen persyaratan karantina, diantaranya 1 ekor kucing jenis anggora dan 19 batang tanaman hias. Sedangkan untuk komoditas yang akan dikeluarkan dari Banjarmasin, pejabat karantina berhasil menggagalkan pengiriman 8 ekor burung merpati tanpa dilengkapi dokumen.
 
“Untuk tanaman hias, kami bebaskan setelah dilakukan pemeriksaan fisik oleh pejabat karantina dan dinyatakan sehat dengan penerbitan dokumen karantina. Sedangkan untuk kucing dan burung kami lakukan penahanan supaya bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di kantor,” ungkap Lulus Riyanto, Subkoordinator Pengawasan dan Penindakan Karantina Pertanian Banjarmasin.
 
"Jelang Hari Raya Idulfitri, jumlah penumpang dan komoditas yang melintas melalui Pelabuhan Trisakti mengalami peningkatan. Melalui operasi patuh karantina ini diharapkan dapat lebih maksimal menekan pelanggaran perkarantinaan dan mencegah masuk dan tersebarnya hama penyakit hewan karantina (HPHK) dan organisme pengganggu tumbuhan karantina (OPTK), serta memastikan kelancaran komoditas yang masuk khususnya sembako dan bahan pangan,” terang Nur Hartanto, Kepala Karantina Pertanian Banjarmasin.
 
Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk sinergi Karantina Pertanian Banjarmasin dengan Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP), Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), dan Polsek KPL Trisakti. 

Informasi Terkait