• SELAMAT DATANG DI WEBSITE BALAI KARANTINA PERTANIAN KELAS I BANJARMASIN
  • PIMPINAN & STAF BALAI KARANTINA PERTANIAN KELAS I BANJARMASIN MENOLAK SUAP, PUNGLI & GRATIFIKASI DALAM BENTUK APAPUN
  • Cegah Virus Corona, Jaga Kesehatan dengan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat)

Kolaborasi dan Sinergi Untuk Akselerasi Ekspor

Kolaborasi dan Sinergi Untuk Akselerasi Ekspor
Banjarmasin - Bertempat di Gedung Aula, Karantina Pertanian Banjarmasin menyelenggarakan acara Coffee Morning (24/3).
Acara ini merupakan sarana bagi Karantina Pertanian Banjarmasin dan stakeholder di lingkup Bandara Syamsudin Noor untuk berbincang santai melakukan pembahasan terkait ekspor.
Dalam sambutannya Kepala Karantina Pertanian Banjarmasin, Nur Hartanto, menjelaskan bahwa berdasarkan evaluasi dari Badan Pusat Statistik peningkatan perekonomian khususnya di sektor pertanian menunjukkan hasil yang positif. Hal ini tentunya menjadi motivasi untuk terus mendorong minat ekspor di bidang pertanian.
“Banyak potensi di Kalimantan Selatan yang bisa kita tingkatkan, seperti sarang burung walet, tanaman hias, porang, beras banjar untuk keperluan haji dan umroh," tegas Hartanto.
Sementara itu General Manager Angkasa Pura bandara Syamsudin Noor, Dony Subardono menyampaikan bahwa diperlukannya proses layanan satu atap/tempat untuk mempermudah proses ekspor, pemotongan supply chain pengiriman angkutan udara untuk mengurangi biaya yang dikeluarkan oleh para petani, sehingga diharapkan dapat meningkatkan angka permintaan ekspor.
"Dalam rangka mendorong komoditas ekspor kita akan melakukan pengaturan khusus untuk barang ekspor dari Kalimantan Selatan", ungkapnya.
Hal ini juga didukung oleh pernyataan Hartanto pada saat memaparkan materi peran Karantina Pertanian Banjarmasin, bahwa pengurusan ijin komoditas ekspor di bidang pertanian akan dipermudah. Untuk itu diperlukan kerjasama antar instansi dalam menciptakan pelayanan satu pintu untuk mempercepat proses ekspor. Sesuai dengan tujuan utama diselenggarakannya acara ini yang tidak lain adalah untuk mendorong akselerasi ekspor produk pertanian.
Kegiatan ini dihadiri oleh Angkasa Pura, Avsec, Bea Cukai, BKIPM Banjarmasin, Lanud Syamsudin Noor, Garuda Indonesia, Pos Indonesia, Angkasa Pura Logistics, Lion Air Parcel, JNE, dan Tiki.

Informasi Terkait