• SELAMAT DATANG DI WEBSITE BALAI KARANTINA PERTANIAN KELAS I BANJARMASIN
  • PIMPINAN & STAF BALAI KARANTINA PERTANIAN KELAS I BANJARMASIN MENOLAK SUAP, PUNGLI & GRATIFIKASI DALAM BENTUK APAPUN
  • Cegah Virus Corona, Jaga Kesehatan dengan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat)

Burung Nuri Pantai dan Ketilang, Akhirnya Bisa Terbang Bebas

Burung Nuri Pantai dan Ketilang, Akhirnya Bisa Terbang Bebas
Batulicin – Karantina Pertanian Banjarmasin Wilayah Kerja (Wilker) Batulicin melakukan pelepasliaran burung hasil tangkapan. Kegiatan ini dilaksanakan bersama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Selatan Seksi Wilayah III Batulicin, Senin (28/03).
 
Burung Nuri Pantai (Trichoglossus flavoviridis) sebanyak dua ekor dan satu ekor burung Ketilang (Pycnonotus aurigaster) dilepasliarkan di kawasan Taman Wisata Mangrove Pulau Burung. Lokasi pelepasliaran ini terletak di Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.
 
Meitha, pejabat Karantina Pertanian Banjarmasin mengatakan, burung yang dilepasliarkan tersebut merupakan hasil tangkapan saat melakukan pengawasan di Pelabuhan Ferry, pada hari Minggu lalu (27/03).
 
"Burung tersebut dibawa menggunakan KMP. Awu-awu dari Pelabuhan Garongkong, Parepare. Ditangkap karena tidak dilengkapi dengan dokumen karantina dari daerah asal. Rencananya, burung tersebut akan dilalulintaskan menuju Pulau Masalembu melalui Pelabuhan Samudera Batulicin," ungkap Meitha.
 
"Setelah dilakukan penahanan, kami berkoordinasi dengan petugas BKSDA Batulicin dan dinyatakan burung tersebut termasuk jenis satwa yang dilindungi. Akhirnya setelah burung tersebut diperiksa dan dinyatakan sehat, maka kami lakukan serah terima ke BKSDA dan untuk dilakukan pelepasliaran bersama," tambahnya.
 
SobatQ, mari bersama menjaga dan melestarikan sumberdaya hayati hewani yang kita miliki. Mencegah penangkapan liar yang dilakukan oleh orang tidak bertanggung jawab, agar anak cucu kita kelak bisa menikmati keindahannya.

Informasi Terkait